PNPM Mandiri Bantu Bangun 5 Gedung TK di Karangjambu

PNPM Mandiri Bantu Bangun 5 Gedung TK di Karangjambu

PURBALINGGA – Sebanyak lima gedung Taman Kanak-kanak di lima desa di Kecamatan Karangjambu diresmikan Bupati Triyono Budi Sasongko, Senin (5/4). Sekretaris Kecamatan Asmuni mengatakan pembangunan lima gedung TK itu menyerap dana hingga Rp. 475,3 juta dan swadaya masyarakat Rp. 12,5 juta.

”Alhamdulillah, setelah lama dinanti-nanti, lima desa di Karangjambu akhirnya memiliki gedung sendiri. Ini berkat dana dari PNPM yang juga mampu digerakkannya masyarakat untuk berswadaya,” ujarnya dalam laporannya mewakili Camat Karangjambu yang berhalangan hadir karena putranya mengalami kecelakaan di Kebumen.

Bupati Triyono Budi Ssongko menyambut gembira pilihan masyarakat untuk memprioritaskan pembangunan gedung TK ini. Menurut Bupati, masa kanak-kanak memang masa-masa yang paling penting untuk menyiapkan generasi masa depan terbaik. Sebagai bentuk dukungan, Bupati yang memanfaatkan momen peresmian kegiatan PNPM 2009 ini juga menyumbangkan dana senilai Rp. 7,5 juta untuk menambah sarana-prasarana alat bermain.

”Alat bermain itu sangat penting karena dengan bermain anak-anak juga belajar, mengasah kreativitas, kemampuan sosial anak dan sejuta manfaat lainnya. Makanya dalam kesempatan ini saya akan menyumbangkan 7,5 juta untuk menambah alat-alat bermain,” ujar Bupati disambut riuh tepuk tangan 300-an hadirin.

Selain gedung TK, Sekcam Asmuni menambahkan, tahun 2009 dengan dana total senilai Rp. 2 miliar, Kecamatan Karangjambu memanfaatkan PNPM untuk merealisasikan kegiatan Simpan Pinjam untuk Perempuan (SPP) senilai 460 juta untuk 46 orang, pembangunan drainase, rabat beton, jalan, jembatan, jalan paving dan talud dengan total senilai Rp. 887,6 juta dengan swadaya Rp. 47,6 juta. Artinya, secara keseluruhan pembangunan fisik menelan biaya hingga Rp. 1,36 miliar dengan total swadaya Rp. 60,2 juta.

”Sejauh ini, pelaksanaan SPP tidak ada kendala. Alhamdulillah tidak ada yang macet. Malah sekarang sudah berkembang dari 46 orang menjadi 52 orang.” tambahnya.

Dalam laporannya, Asmuni juga menyampaikan kesiapan masyarakatnya menyambut Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) yang jatuh pada tanggal 18 April 2010. Di Kecamatan Krangjambu, ada sebanyak 18.735 orang yang memiliki hak pilih dengan perincian laki-laki sebanyak 9.554 orang dan 9.181 perempuan. Dengan demikian, telah disiapkan 61 TPS untuk merealisasikan Pemilukada yang lancar. (BNC/cie)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.